Manfaatkan Internet Sebagai Sarana Marketing Produk Anda

Saat ini pemakai Internet di Indonesia sangat meningkat disbanding tahun sebelumnya, Pada bulan April 2015 lalu, data dari Pusat Kajian Komunikasi (PUSKAKOM) UI menampilkan data bahwa pemakai Internet di Indonesia mencapai 88,1 juta. Sebanding dengan 34,9% dari jumlah penduduk Indonesia yang ada sebesar 252,6 juta. Dan ini meningkat cukup banyak dibanding dengan tahun 2013 yang mencapai 28,6% dari jumlah penduduk Indonesia.

Hasil survey juga menyatakan bahwa 85% pengguna Internet menggunakan perangkat seluler berjenis smart phone sebagai peringkat pertama. Peringkat kedua dan seterusnya adalah laptop, pc computer, tablet. Rata-rata mereka menghabiskan waktunya di Internet hingga 1-3 jam per hari.

Tahun 2014, belanja online yang dilakukan oleh pengguna Internet di Indonesia mencapat Rp. 21 triliun dan tahun 2015 lalu diprediksi mencapai Rp. 50 triliun. Bersumber dari TechinAsia bahwa rata-rata pengeluaran online orang di Indonesia mencapai Rp. 825.000 per orang per tahun.

Berdasarkan data beberapa produk yang paling di cari di Internet oleh pengguna di Indonesia adalah : makanan, fashion, elektronik, travel, mobil dan property. Kita juga harus memanfaat data bahwa sebagian besar wanita melakukan belanja online, dengan rata-rata umur sekitar 18-35 tahun, 67% dari mereka mencari produk fashion di online.

Dengan data tersebut kita yakini bahwa dunia ecommerce (perdagangan melalui Internet) di negeri kita akan sangat pesat pertumbuhannya. Ini peluang yang sangat besar bagi pelaku UMKM khususnya yang memiliki produk kerajinan tangan, industry kreatif, kuliner dan fashion untuk bisa berjualan secara online di Internet.

Sebagai pelaku UMKM dan kerajinan tangan sudah saatnya untuk membuat bisnis model baru dengan memanfaatkan kanal-kanal di Internet agar memudahkan dan meningkat pemasaran produk-produknya ke nusantara bahkan ke penjuru negara-negara tetangga.

Beberapa tips dari saya untuk Anda bisa menyiapkan meningkatkan pemasaran di Internet adalah :

  1. Anda perlu membuat website toko online agar bisnis berkembang. Buatlah toko online yang sederhana dan murah. Mintalah bantuan beberapa rekan yang sudah berpengalaman untuk membimbing Anda membuatnya.
  2. Bergabunglah dengan beberapa toko online yang sudah besar, titipkan produk Anda di toko online tersebut.
  3. Daftarkan juga produk-produk Anda di marketplace seperti ukmmarket.co.id dan lainnya, sehingga produk Anda dapat dengan mudah dipasarkan di Internet.
  4. Dari sekarang harus sudah bisa memanfaatkan social media yang ada, karena social media sangat penting dalam memajukan bisnis Anda, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Google+ dan lain-lain.
  5. Bidiklah target pasar yang spesifik dan jelas. Lihat data diatas, sebagian besar pengguna adalah wanita dan berumur relative muda, sesuaikan produk Anda untuk target pasar tersebut. Produk untuk pria untuk sangat laku di Internet, kaum wanitalah yang akan mempunyai pengaruh untuk memilihkan produk untuk pasangannya.
  6. Google banyak memberikan fasilitas dalam membantu kita sukses berjualan di Internet pelajari apa saja yang diberikan Google dan manfaatkan untuk bisnis Anda. Seperti search engine marketing, Google Analytics, Youtube, Gmail, Google Ads dan lainnya.
  7. Bergabunglah dengan forum-forum atau komunitas yang banyak memberikan pencerahan dalam penjualan di Internet, ikuti pelatihan, seminar, buku-buku yang disarankan agar Anda bisa mempercepat kesuksesan di Internet.
  8. Buatlah tulisan-tulisan ringan Anda yang bisa dimuat di blog dan portal lainnya. Konten tulisan yang bermanfaat dan ada keterkaitan dengan produk Anda akan sangat membantu mendatangkan pengunjung ke toko online Anda. Semakin rajin Anda berbagi tulisan, semakin besar peluang untuk mendatangkan pelanggan.
  9. Cantumkan alamat web toko online Anda diberbagai media bisnis Anda, misalnya : kartu nama, baju seragam, jaket motor, stiker, kop surat, spanduk, papan nama toko dan lainnya. Biasakan untuk menyebarkan alamat web tersebut disetiap kesempatan.
  10. Gaya hidup Anda akan berubah disaat Anda sudah memulai bisnis di Internet. Anda akan terbiasa dengan aktifitas online seperti mengecek website, merespon email/pesan/messenger, berkomunikasi secara online dengan pelanggan, selalu membawa perangkat selular yang memudahkan Anda mengontrol bisnis online Anda.
  11. Lakukan pelayanan pelanggan dengan cepat dan baik. Karena jika kita tidak melayani dengan cepat dan baik, mereka akan tidak lagi percaya dengan toko online Anda. Bisnis toko online di Internet adalah membangun tingkat kepercayaan pelanggan kepada bisnis Anda, semakin mereka puas dengan layanan Anda, mereka akan mempromosikan Anda ke jejaringnya.
  12. Bangun rasa aman yang tinggi kepada pelanggan Anda. Mereka akan merasa aman melakukan transaksi dengan Anda secara online. Penuhi janji dan respon yang cepat akan meningkatkan rasa aman mereka dalam bertransaksi dengan mereka.

Demikian sebagian tips yang bisa saya berikan, mulailah untuk mempersiapkannya dan berjuang untuk memenangkan kesuksesan Anda dalam berbisnis di Internet. Selamat berjuang!

Tagged with:     , ,

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan Iim Rusyamsi

February 2016
M T W T F S S
« Jul    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
29  

Hubungi saya:

Silahkan kirim email ke iim.rusyamsi(at)gmail.com