Hari Anak Nasional : Bangun Karakter Pemimpin dan Akhlak Mulia

11215146_10206950536224936_7469984735939926884_nPada tanggal 23 Jui 2015 adalah Hari Anak Nasional sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Pada kesempatan ini kita kembali diingatkan untuk menjaga anak-anak karena merekalah para pewaris bangsa dan pertiwi ini.
Seperti data proyeksi yang disampaikan oleh BPS dan Bapenas bahwa pada tahun 2035 jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 305juta jiwa dan pada tahun tersebut jumlah usia angkatan muda dan angkatan kerja/produktif (usia 15-65 tahun) akan mencapai 67.9% dari jumlah penduduk. Dan bonus demografi tersebut yang akan membawa era kejayaan bangsa Indonesia, bonus demografi akan membawa 10-15% faktor peningkatan ekonomi suatu bangsa, seperti yang telah dialami oleh Korea Selatan, Thailand dan Tiongkok. Maka dari proyeksi data tersebut, anak-anak saat inilah yang akan menjadi para generasi muda yang mempunyai peranan penting di era kebangkitan bangsa kita.

Indonesia diproyeksi akan menjadi negara peringkat ke – 7 ekonomi terbesar dunia pada tahun 2030 menurut The McKinsey Global Institute, sesudah Cina, AS, India, Jepang, Brazil, Rusia. Untuk itulah anak-anak saat ini adalah akan menjadi generasi emas pada era kejayaan bangsa ini. Kita harus turut menjaga mereka dan memberikan kesempatan mereka untuk terus belajar mempersiapkan masa depan mereka yang penuh dengan tantangan dan ketatnya daya saing.

Generasi anak-anak saat ini akan menjadi calon pemimpin bangsa, pemimpin ekonomi kelas dunia. Sebagai orang tua sepantasnya kita mulai berbuat untuk anak-anak kita, mempersiapkan pembangunan karakter pemimpin kepada mereka. Jangan sampai nanti di era mereka akan ada krisis kepemimpinan yang berkarakter jika kita tidak mempersiapkan mereka sejak sekarang.

IMG_2744Dan yang terpenting juga untuk mereka adalah pendidikan moral dan etika atau di dalam Islam disebut dengan akhlak. Selain pendidikan karakter, yang paling utama untuk mereka adalah pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak mulia akan menjadi kompetensi dalam proses pendidikan karakter setiap generasi anak-anak ini. Dengan kuatnya membangun pendidikan karakter dan akhlak mulia, anak akan juga mempunyai kemampuan dan kecerdasan dalam berpikir secara ilmiah dan kritis.

Dalam mempersiapkan mereka menjadi pemimpin ekonomi / entrepreneur di era kejayaan Indonesia, berikut karakter yang mereka harus dipersiapkan dalam pendidikannya baik di sekolah maupun lingkungan kehidupannya :

1. Tanggung Jawab : mereka siap menerima amanah dan pembebanan dan wajib menanggung akibat yang timbul. Berani mengambil resiko yang ada atas pembebanan yang diberikan. Resiko yang ada tentu sudah diperhitungkan dengan baik. Dalam keseharian mereka dapat dilibatkan dalam beberapa kegiatan di sekolah atau di lingkungannya, misalnya dalam kepanitiaan, agar mereka bersemangat, senang menerima tugas dan mempunyai pengalaman dalam memberikan yang terbaik atas tugas yang diberikannya.

2. Bersungguh-sungguh : mereka bersunguh-sungguh dalam mewujudkan impian dan golnya. Berusaha sekuat-kuatnya untuk dapat menyelesaikan pekerjaan yang diberikan dengan hasil yang terbaik. Mereka menerima tantangan yang ada dalam mencapai impiannya maupun dalam menyelesaikan pekerjaannya. Tantangan yang ada akan menjadikan mereka lebih termotivasi dan bersemangat. Tantangan tidak lagi menjadi masalah buat mereka kelak dalam menjadi seorang entreprenuer. Dalam contoh keseharian di sekolah atau di rumah, bisa dengan memberikan tantangan dalam menghafal ayat-ayat Alquran, mereka akan bersungguh-sungguh dalam mencapai targetnya.

3. Teguh dan Kuat : mereka harus mempunyai pendirian yang teguh dan kuat, mereka mampu mempertahankan pendiriannya karena bahwa apa yang meren ingin capai adalah benar dan secara tegas mereka mampu memegang prinsip tersebut. Nantinya jika mereka menjadi seorang entrepreneur, mereka tak mudah putus asa dan mempunyai daya tahan yang kuat. Jika menemui kegagalan, mereka mampu bangkit dan secara teguh dan tekun mengejar impiannya. Dalam contoh keseharian di sekolah : berikan tugas yang memerlukan data pendukung yang tepat baik dari buku, media massa maupun internet.

4. Syukur dan Ikhlas : mereka selalu bersyukur kepada Tuhan atas semua pencapaiannya, syukur mereka wujudkan dengan bahagia atas apa yang telah didapat. Ikhlas, apapun yang mereka kerjakan hanya bertujuan mendapatkan untuk keridhaan Tuhan. Sebagai seorang entrepreneur, mereka akan mempunyai rencana bisnis yang visioner. Mereka menyusun visi dan target bisnisnya. Apapun hasilnya mereka akan terbiasa dengan rasa syukur, rasa syukur yang baik akan meningkatkan hasil yang baik pula di target berikutnya. Dan apapun langkah bisnis mereka, akan bertujuan untuk mencapai keridhaan Illahi sehingga bisnisnya akan berkembang baik. Dalam contoh kesehariaan bisa mereka dilibatkan dalam proses bakti sosial, agar mereka dapat membantu sesama, dan dari kegiatan ini mereka akan mempunyai rasa syukur dan ikhlas yang meningkatkan.

5. Solutif : mereka dilatih untuk memberikan pemecahan masalah yang ada dan mereka mempunyai pola pikir yang kritis dan cerdas. Di era kini, seorang entrepreneur, harus mempunyai bisnis yang merupakan jawaban solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat. Bisnis yang kita tawarkan adalah kebutuhan solusi untuk para pelanggannya. Untuk itu entrepreneur harus selalu memberikan jalan keluar dan memberikan yang terbaik untuk pelanggannya. Untuk memberikan yang terbaik, maka ia akan memiliki juga team bisnis yang terbaik. Contoh dalam kesehariaan di sekolah, carilah studi kasus agar mereka dapat berpikir solutif dan memberikan alternatif dan memberi saran yang terbaik, misal dalam kasus sampah di lingkungan.

Tentu masih banyak lagi karakter yang harus dibangun agar mereka menjadi pemimpin yang berakhlak mulia sehingga sukses di era kejayaan Indonesia kelak dan bermakna buat akhirat mereka nanti.

Semoga bermanfaat, Selamat Hari Anak Nasional.

Keterangan Photo : Saat saya mewisuda lulusan TK Sejahtera 1 tahun 2015, dibawah naungan yayasan kami, Yayasan Pendidikan Putra Sejahtera. Saat ini TK Sejahtera terdapat 7 cabang. Selain TK, ada juga SD, SMP dan SLB Sejahtera.

 

 

 

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan Iim Rusyamsi

July 2015
M T W T F S S
« Apr   Feb »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Hubungi saya:

Silahkan kirim email ke iim.rusyamsi(at)gmail.com