Analisa Web dengan Google Analytics

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Teman-teman yang UKM dan sadar online apalagi pendapatannya dari jualan online, wajib untuk menganalisa webnya. Analisa web bisa pakai Google Analytics atau dari halaman cpanel hostingnya, Awstat, akan banyak informasi penting atas web kita.
Untuk pakai Google Analytics, sebelumnya sudah harus pasang script dari Google di webnya, jauh-jauh hari. Google Analytics gratis dan laporan yg tersedia sangat lengkap. Bisa menjadi acuan kita ambil keputusan penting.
Di Google Analytics, Anda bisa membuat banyak profile untuk yang punya banyak website. Sehingga bisa dalam satu account untuk banyak web.

Dalam halaman depan, akan ada My Dashboard, semua informasi penting yang anda butuhkan. Jika Anda punya web namun tidak pernah dikontrol informasi2 penting seperti yang ada di Dashboard, itu bukan pemain web sejati :)

Di My Dashboard akan ada: Jumlah pengunjung harian, sumber trafic, rata-rata waktu pengunjung, negara asal dan lain-lain. Laporan banyaknya pengunjung bisa kita dapati daily, weekly, monthly hingga jam berapa saja traffic saat tinggi.
Dari laporan jumlah pengunjung (Lead) kita bisa tau berapa % yang didapat dikonversikan ke sales secara nyata. Misal saja ada 100 visitor per hari akses ke toko online kita, berapa dari mereka yg action (telp, email, chat dan beli).

Yang paling saya sering analisa adalah source traffic. Ada 3 source: search engine, direct dan referral. JIka sourcenya adalah sebagian besar dari search engine, artinya web anda secara SEO sudah aktif. Biasanya, persentase source dr search engine bisa diatas 80%. Sisanya direct dan referral. Namun tentunya keyword yang didapati dari search engine harus tepat dan berhubungan dengan website kita. Analisa juga keyword-keyword yang digunakan para pengunjung sehingga mereka masuk ke web kita.

Jika keywordnya pas dengan website kita, kembangkan webnya dengan perbanyak keyword tersebut di web kita. Misalnya saja keyword “service komputer” pas dengan web http://dokterkomputer.com, saat ini nomor 1 di google dari 47juta web. :)

Jika web anda belum ada di halaman terdepan google, coba analysa web-web yg di halaman tsb. Lihat isi web mereka. Banyak tools utk menganalisa web-web yang ada di halaman depan tersebut, coba gunakan SEO Quake di Firefox. Keren banget informasi yang mereka siapkan untuk kita analisa.

Hal yang perlu di analisa di awal adalah title, keyword cloud, meta keyword dan meta deskripsi dari web-web mereka. Hasil analisa dari item-item tersebut, coba anda terapkan di web anda. Lihat hasilnya di minggu-minggu berikutnya.
Buat saya dengan mengoptimalkan SEO, bisa menekan biaya marketing, low budget-high impact. Google is our marketing.

Jangan lupa juga perhatikan referral source, dari mana saja, nah aktifkan kegiatan online anda di source tersebut, misal FB, Twitter, Kaskus dan lain-lain.

Satu source lagi adalah direct, mereka masuk karena mengetik address kita. Berarti brand anda sudah dikenal secara offline. Selain mengoptimalkan search engine, utk meningkatkan brand awareness, anda perlu juga lakukan offline marketing agar traffic dari direct tetap ada. Nah beberapa program untuk marketing offline web kita, bisa lakukan yang mudah dan murah saja dulu tapi harus dilakukan. Coba baca tulisan saya 2 (dua) tahun lalu: 9 Cara Mengenalkan Webstore Kita Secara Offline.

Nah saya kasih tips penting yah, untuk tools agar kita bisa menentukan keyword yang tepat dengan web kita, ada tools dari Google yang saya bahas pada tulisan saya yg berjudul: Menentukan Kata Kunci yang Tepat untuk SEO.

Dengan tools tersebut, kita bisa mengetahui berapa banyak orang mencari keyword yang kita tetapkan dan apakah sebenarnya keyword tersebut tepat utk digunakan sesuai isi web kita dan Google juga akan menampilkan ide keyword lain sebagai alternatif pilihan. Serta dengan tools tersebut kita bisa mengetahui juga level competion di keyword tersebut dan siapa saja kompetitornya.
Tips terakhir, jangan lupa websitenya harus sering di update, untuk memberi ‘makan’ Googlebot dengan isi web kita yang telah dipenuhi kata-kata kunci yang kita inginkan.

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan Iim Rusyamsi

January 2012
M T W T F S S
« Jun   May »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Hubungi saya:

Silahkan kirim email ke iim.rusyamsi(at)gmail.com