3 Kunci Kesuksesan Bisnis

uhamka.jpg

Pada kemarin, Sabtu, 3 Juli 2010 saya di undang untuk bicara pada seminar entrepreneur di kampus UHAMKA, Jalan Limau II Kebayoran Baru. Hadir sebagian besar adalah mahasiswa UHAMKA dan juga beberapa UKM binaan BAZNAS DKI Jakarta.

Pada seminar tersebut saya menyampaikan materi “Pentingnya Membangun Jiwa dan Mental Entrepreneur Sejak Mahasiswa”. Mulai dari mengenalkan bisnis saya dan cerita saat memulai dulu, kemudian sharing bagaimana memulai bisnis dan hingga bagaimana mempertahankan bisnis di tengah persaingan global.

Banyak pertanyaan mendasar di forum tersebut seputar bagaimana menemukan ide bisnis kemudian menjadi peluang hingga kesuksesan kita raih.

Dalam menjawab pertanyaan tersebut, saya belajar dari buku-buku yang saya baca tentang strategi sukses berwirausaha, sehingga menemukan jawaban yang pas dan sesuai juga dengan apa yang saya alami selama memulai dan mengelola bisnis saya.

Tiga kunci kesuksesan untuk memulai bisnis dan membangun bisnis yang sukses adalah :

  1. Kita harus dapat menemukan produk atau jasa yang diinginkan dan dibutuhkan orang dan sehingga mereka dapat membayar dengan harga yang memberikan keuntungan. Galilah ide produk atau jasa dengan melihat hal apa yang orang kecewa atas produk atau jasa yang ada saat ini. Dan buatlah produk atau jasa yang mungkin orang lain belum buat dan harus lebih hebat dari orang lain.
  2. Kita harus dapat memasarkan secara agresif dan menjual produk atau jasa dalam jumlah yang mencukupi sesuai dengan target yang sudah ditentukan sehingga kita memperoleh keuntungan yang memadai. Dan lakukan hal ini secara terus berulang dan persisten juga kembangkan secara kreatif dan inovatf dalam memasarkannya. Tak lupa manfaatkan teknologi informasi yang ada saat ini.
  3. Kita harus banyak belajar apa yang belum kita ketahu. Seperti belajarlah bagaimana mengelola, mengatur dan memperhitungkan pendapatan dan pengeluaran biaya-biaya operational bisnis. Juga belajarlah bagaimana menggunakan teknologi informasi dan social media yang ada saat ini untuk meningkatkan bisnis kita.

Sukses untuk semua mahasiswa yang ingin terjun ke wirausaha. Bahwa wirausaha adalah solusi kita untuk mencari penghasilan selain menjadi karyawan. Semoga dengan tumbuhnya wirausaha baru dari dunia kampus maka akan tercipta banyak lapangan pekerjaan.

Related Articles

6 Comments

  1. Imam WIjayanto

    Mantap pak tipsnya….udah lama kita tidak ngobrol nih. Apa kabar pak? Mudah-mudah2an Liverpool musim ini lebih berprestasi tanpa Rafa :)

    Mampir pak ke blog pribadi saya http://imamwijayanto.blogspot.com
    Ada gerakan yang saya dan teman ingin kampanyekan dgn tema thx GOD pada medium yang sederhana, semoga berkenan ikut berpartisipasi.

  2. peni s

    salam kenal,tips yg sngat membangun,nmn knp ya kdg susah menemukn s/ yg pas dg keinginan konsumen dan sesuai dg kemampuan kita? atau kdg msh skdar wacana yg menunggu action.mhn spportnya…makasih

  3. iimrusyamsi

    @Pak Imam: Alhamdulillah sudah saya akses blognya.. :) sukses yah atas gerakannya

    @Bu Peni : iya bu memang harus di-action-kan. Take Actio Miracle Happens… :) siap support…

  4. Agus Handoko

    Mantap pak…..Saya mau tanya….BisnisKomputer sekarang ini orang kecewa ama masalah garansi,baik service maupun penjualan,Bagaimana kalau kita tetapkan harga mahal,tapi konsekuensinya kita berani garansi lama..gmn?

  5. affanul

    seep saya juga kesulitan untuk memulai bisnis, kebanyakan habis cuman di ide ^^ tapi sekarang sy mencoba untuk action, thanks ms kuncinya,. :)

  6. Buku02

    banyak sudah teori yang diberikan oleh ahlinya, tinggal banyakin praktek aja 😀

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan Iim Rusyamsi

July 2010
M T W T F S S
« Apr   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Hubungi saya:

Silahkan kirim email ke iim.rusyamsi(at)gmail.com