Seminar Implementasi KTSP melalui Internet untuk Guru-guru SD/SMP

Seminar Implementasi KTSP melalui Internet untuk Guru-guru SD/SMP

seminarktsp.jpgPada tanggal 10 Januari lalu, saya diundang sebagai pembicara di seminar sehari yang bertajuk “Implementasi KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) melalui Dunia Maya”. Di seminar yang diikuti oleh 280 guru SD dan SMP se-DKI Jakarta ini diadakan di Wisma Handayani,
Dirjen Management Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, Jl. RS Fatmawati, Jakarta Selatan.

Seminar dibuka oleh Bapak Dr. H. Kamaludin, M.Pd., Wakil Kepala Dinas Pendidikan, DKI Jakarta yang sekaligus memberikan keynote speakernya dengan materi “Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta”. Kemudian dilanjuti oleh Bapak Prof. Dr. H. Suyatno, M.Pd., Rektor Uhamka Jakarta yang memberikan materi “Penggunaan ICT untuk Pendidikan” serta dilanjuti oleh Bapak Dr. Bedjo Sujanto, M.Pd., Rektor Universitas Negeri Jakarta, yang membawakan materi “Penerapan KTSP di Sekolah.

Selanjutnya saya memberikan materi “Implementasi KTSP melalui Internet” dan ditutup dengan sharing mengenai penggunaan internet di dunia pendidikan dari Bapak Donny BU, VP Publisher.

Seminar ini diadakan oleh Yayasan Bhakti 11 November Alumni Program Pascasarjana Magister Managemen Pendidikan UHAMKA Jakarta yang bertujuan agar para peserta memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam mengimplementasikan KTSP di sekolahnya dengan menggunakan teknologi informasi internet melalui pembuatan situs pendidikan yang berisi program dan materi pembelajaran beserta alat evaluasinya.

Saya yang memberikan materi lebih kepada pengenalan internet dan aplikasi melihat bahwa para guru-guru kita masih banyak yang belum begitu mengenal internet dan penggunaannya. Sehingga terlihat mereka sangat antusias mengikuti seminar ini. Saya pun berkesempatan memberikan demo bagaimana dengan mudahnya membuat blog di BlogDetik.com.

Detikcom sebagai penyedia BlogDetik.com akan membantu dan memberikan fasilitas blog untuk guru-guru, dan akan membuatkan link BlogSchool di halaman Detikcom seperti BlogStar milik para selebritis. Dengan adanya bantuan Detikcom maka tentu saja penyebaran informasi dari para guru-guru kita ini akan cepat tersebar dengan luas. Dengan sarana blog, saya berharap para guru dapat menampilkan dan berbagi satuan pelajaran di internet. Sehingga dapat diakses oleh para siswa dan orang tua serta guru lainnya.

seminarktsp2.jpgAlhamdulillah setelah seminar ini para guru akan membuat blog yang akan disharing kepada para siswa dan orang tua serta guru-guru lainnya. Dan saya pun berharap dengan adanya seminar ini guru lebih bebas berkreatif dengan adanya sumber informasi yang ada di internet, serta inovatif dalam bentuk penelitian tindakan terhadap berbagai teknik atau model pengelolaan pembelajaran yang mampu menghasilkan lulusan yang kompeten, bisa berinteraksi dengan siswa, orang tua, dan guru-guru lainnya, dapat saling bertukar satuan pelajaran antar sekolah sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas guru di setiap daerah, membantu guru dalam kendala ketersediaan buku teks yang beragam.

Selain itu saya berkeyakinan dengan menerapkan KTSP di Internet maka orang tua siswa dapat memonitor dan mengetahui kegiatan belajar anaknya, satuan pendidikan dapat diakses secara luas dan umum dan menjadi arsip satuan pelajaran yang tersimpan dan mudah dicari sehingga para guru dapat melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawab guru sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir.

  • No Related Post
tabs-top

“Seminar Implementasi KTSP melalui Internet untuk Guru-guru SD/SMP”

  1. dadi suryadi says:

    Pa Alhamdulillah, setelah saya mengikuti seminar implementasi KTSP melalui dunia maya, saya termotivasi untuk membuat email dan blog dan sekarang saya sudah memiliknya.
    alamat blog saya : dadisuryadi.blogspot.com dan yayasansejahtera.blogspot.com.
    pa tolong dilengkapi gambar dan bantu untuk melengkapinya. saya sedang belajar bersama guru-guru (buendang – pa bagyo – bu dini).

    Dadi Suryadi S.Ag.M.PdI (Kepala SD Sejahtera/Guru PAI SMPN 65).

  2. maspriyo says:

    Bagussssssssss…bangettttttttttttt!
    Saya berharap seminar ini bisa berlanjut menjadi workshop.
    Dalam workshop ini nantinya setiap peserta diberikan fasilitas komputer satu-satu untuk bersama-sama membuat blog pendidikan, di bawah bimbingan Pak Iim, Ok!
    Salam Laskar Pelangi.
    Dosen STIT INSIDA Jakarta.

  3. haryanto says:

    Sukses untuk kita semua !
    Semoga seminar tersebut dapat ditindaklanjuti oleh teman-teman guru/kepala sekolah untuk lebih aktif membuat email ataupun blog guna menunjang proses pembelajaran di sekolah.
    Selamat untuk teman yang sudah menindaklanjuti, teman yang lain semoga menyusul !
    Untuk selanjutnya mari kita lanjutkan kegiatan seminar ini dgn lokakarya pemanfaatan internet dlm pembejaran, sehingga para guru akan lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan strategi pembelajaran, sehingga mutu hasil belajar akan meningkat.
    Mari kita lanjutkan perjuangkan kita untuk memajukan dunia pendidikan kita !
    Haryanto
    Badan Diklat Provinsi DKI Jakarta
    Tim/panitiya seminar.

  4. Wuryanano says:

    Semoga para guru bisa lebih meningkat lagi kesejahteraannya, sehingga bisa berlangganan internet di rumahnya masing-masing.
    Jadi seminar semacam ini bisa terus ditindaklanjuti dengan implementasi di kesehariannya.

    Sukses selalu Mas Iim!
    Salam Sukses Penuh Berkah,
    Wuryanano :)

  5. ass. Pak. Dady Suryadi, S.Ag, M.PdI. pa kabar bos dah lama ga ketemu. masih kenal same ane ga? by the way, minta alamat e-mail antum dong! salam anak IAIN angkatan 1994

  6. seminar kayak gini harus seirng diselengarakan,
    cz biar guru2 pun bisa jadi lebih baik dan hebat didepannya

Leave a Reply