IGOS Summit 2 Hari Ini Digelar

IGOS Summit 2 Hari Ini Digelar

igos.JPGMulai hari ini, 27 Mei hingga besok, akan digelar IGOS (Indonesia Go Open Source) Summit 2 di JACC Tanah Abang Jakarta. Pada pegelaran ini akan digelar beberapa acara mulai dari seminar/workshop, pengumuman pemenang blog dan design logo IGOS.

Acara ini digagas oleh Depkominfo dan Kementerian Ristek dan bertujuan lebih memperluas penggunaan perangkat lunak berbasis OS khususnya di instansi pemerintah. Adapun pesan yang akan disampaikan pada kegiatan ini adalah : “Komitmen dan Kesepakatan bersama yang lebih luas di seluruh instansi pemerintah, lembaga lain serta komunitas untuk penggunaan software legal aplikasi berbasis OSS yang akan dituangkan dalam Grand Skenario OSS tahun 2010 – 2014”.

Pada acara ini juga akan dibahas solusi untuk menurunkan peringkat Indonesia di daftar pemakai software illegal dengan FOSS (Free Open Source Software) di kalangan pemerintahan, pendidikan dan bisnis. Akan tampil tokoh-tokoh dari berbagai bidang, mulai dari para birokrat, para pengamat dan para praktisi.

Saya senang dengan digelarnya acara ini dan kembali mengkampanyekan open source di negeri ini. Hanya yang menjadi catatan saya adalah adanya deal dengan Bill Gates saat datang ke Jakarta. Pemilik Microsoft tersebut menjanjikan free OS Windows untuk pendidikan di negeri kita dengan syarat pemerintah menyediakan PC yang dibawah 200 USD di sekolah-sekolah dengan masing-masing minimal 20 unit PC.

Saya pernah mendengar berita di radio bahwa hal tersebut di respon oleh pemerintah kita dengan mengadakan project pengadaan hardware PC tersebut. Project tersebut pun sudah jalan dengan dukungan dari Intel Processor dan merek hardware termuka lainnya.

Jika project tersebut dijalankan, dan di sekolah-sekolah sudah ditanamkan operating system dari Microsoft tersebut maka program IGOS yang digagas oleh pemerintah bisa menjadi bias. Anak murid kita sejak kecil akan lebih mengenal Windows dibandingkan oleh open source seperti Linux. Karena sejak kecil sudah menggunakan Windows maka di saat anak tersebut dewasa dan mulai menggunakan komputer untuk pekerjaannya maka ia akan lebih memilih Windows.

Akan menjadi baik jika si pemakai tersebut membeli dengan legal software tersebut, namun jika ia menggunakan copy bajakannnya, maka tetap peringkat pembajakan kita akan terus meningkat dan ketergantungan dengan Windows pun tidak akan berakhir. Lalu program IGOS apa akan tercapai?

Mungkin teman-teman ada solusi lain?

  • No Related Post
tabs-top

Leave a Reply