IT Outsourcing Bisnis Masa Depan

xsis3.jpgSaat ini kebutuhan tenaga IT semakin meningkat sejalan dengan banyaknya dunia usaha yang menerapkan teknologi informasi sebagai penggerak laju peningkatan bisnisnya. Vendor-vendor besar di bidang IT pun berbenah untuk menyiapkan sumber daya sesuai yang diinginkan para clientsnya.

Perusahaan-perusahaan mulai meminta pengadaan tenaga outsourcing terutama IT ke para vendor. Vendor IT pun mulai menyiapkan SDM tersebut mulai dari recruitmen, training hingga menyalurkan SDM ini ke client.

Pada bulan Desember 2007 lalu, perusahaan saya The 400 Education Center, yang menyediakan training IBM AS/400, bekerjasama dengan PT Xsis Mitra Utama, yang bergerak di bidang IT Service Management, untuk memberikan training kepada 15 orang peserta untuk dididik menjadi programmer RPG/400 selama 26 hari. Mereka dibekali mulai dari Pengenalan IBM AS/400 (New User), System Operation, hingga beberapa modul programming RPG/400.

Para peserta tersebut kebanyakan direcruit dari lulusan terbaik di kampusnya dan telah menguasai bahasa pemrograman di luar AS/400 sehingga akselerasi mereka mengikuti kelas kami begitu cepat dan mereka pun siap untuk diterjunkan di dunia usaha yang membutuhkan.

Setelah training tersebut mereka disalurkan kepada client yang sudah memesannya dan siap untuk bekerja di client tersebut.

Bisnis IT Outsourcing seperti yang dijalankan oleh PT Xsis Mitra Utama ini adalah bisnis masa depan yang sangat dibutuhkan jasanya oleh dunia usaha dan hasilnya pun sangat menjanjikan.

Berikut poto-poto kegiatan tersebut :

xsis2.jpg
Saya, Presdir 400Education.com, saat serahterima hasil training kepada Pak M. Rahmat Saptadirdja, Presdir PT Xsis Mitra Utama.

xsis11.jpg

 

 

xsis4.jpg

 Dua gambar diatas adalah para peserta dan trainer saat kelas berlangsung

Tagged with:    

Related Articles

37 Comments

  1. sahabat88

    waahh…..
    bisa dapat ilmu banyak nich!
    terima kasih😀

  2. celunk

    Wah dpt ilmu bnyak nih!

  3. ai

    wah disitu gw item banget >.<

    alhasil idle for a year =)))))))))

  4. zul

    eh…ada har, leo, antony…..asyudi palanya keliatan dikit doang….ken cuma punggungnya aj. iwan mana neh?!

  5. Mary Griffin

    There is a rapid growth of Outsorcing these days as manufactures try to cut cost and maximize profit.;`’

  6. zaenal

    kriteria SDM outsorching yang bagus itu seperti apa???

  7. Cuti

    Ok. Semoga bisnis IT Outsourcing perusahaan bapak makin maju.

  8. latifa hanum

    ternyata bisnis outsourcing di bidang IT sangat menjanjikan ya…..

  9. REZA SATRYA ARJAKUSUMA

    wahhh..ternyata bisnis ini sudah sangat menjamur, semoga memang dengan perkembangan TI akan sangat membantu bagi semua perusahaan dan mendorong perusahaan untuk menggunakan jasa outsourcing..

  10. Betty Amalia

    memang penggunaan IT outsource menjadi topik yang banyak dibicarakan oleh perusahaan akhir-akhir ini. karena kebutuhan sistem informasi yang semakin meningkat oleh perusahaan dan biaya pembangunan IT yang tinggi membuat perusahaan partner IT outsource semakin menjamur. dengan adanya training SDM dari perusahaan vendor, berarti perusahaan vendor siap mengerjakan permintaan pihak yang mengkontraknya.

  11. santi

    Terimakasih atas artikelnya, lumayan dapat menambah wawasan saya dalam IT Outsourcing bisnis dimasa depan. Dengan perkembangan teknologi yang berkembang semakin cepat perlu diantisipasi bagaimana sih sumberdaya manusia, ya. Kan harus canggih juga dalam mengelola IT. Ok.

  12. Gusri Ayu Farsa

    Saat ini Outsourcing IT memang sangat banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan. Hal ini terjadi dikarenakan penerapan outsourcing dianggap efisien dan efektif. Dan pemilihan vendor merupakan faktor yang sangat krusial dalam keberhasilan outsourcing. Oleh karena itu, harus ada kerjasama yang baik antara perusahaan dan vendor, agar salah satu pihak tidak merasa dirugikan. 😀

  13. inung heryeni

    Saya dukung lembaga pendidikan ahli IT ini. Memang dimasa depan kebutuhan outsource TI makin meningkat. Jangan semuanya di kuasai perusahaan IT asing. Ahli IT di Indonesia, ayo bergerak!

  14. deny

    memberikan gambaran bahwa vendor juga sangat serius dalam menyikapi perkembangan bisnis outsourcing IT dengan melakukan perekrutan dan pelatihan bagi para SDM nya.

  15. Made Dwi Astuti

    menarik juga jika setelah selesai pelatihan kita bisa langsung bekerja..

  16. Nico Sugiono

    wah ternyata mendevelop orang tentang IT ini susah-susah gampang yah pantesan saat ini cari orang IT tuh susah-susah gampang. saya dukung neh lembaga pendidikannya

  17. Lala Krisnalia

    Dengan makin banyaknya permintaan outsourcing di bidang IT, tentu perusahaan penyedia (vendor) harus merespons dengan cepat. Alangkah baiknya, jika perekrutan SDM outsourcing IT ini dilakukan dengan cara bekerjasama dengan universitas atau perguruan tinggi yang bonafit di bidang IT. Hal ini akan meningkatkan value kedua belah pihak, baik perguruan tinggi maupun perusahaan vendor IT tersebut. Bagi perguruan tinggi, akan banyak lulusannya nanti terserap dalam dunia kerja; bagi vendor akan diperoleh tenaga yang terseleksi dengan baik. Istilahnya: link and match.

  18. tutyratna

    Terima kasih atas informasinya.
    Memang dewasa ini trend outsourcing IT makin meningkat, untuk itu diperlukan pembekalan yang memadai bagi SDM IT di Indonesia. Sehingga Indonesia memiliki daya saing yang kompetitif, tidak hanya dari sisi murahnya tenaga IT Indonesia tapi dari kualitasnya juga yang nantinya akan menarik bagi perusahaan asing untuk melakukan outsource SDM IT Indonesia.

  19. rai fertilini

    makin banyak saja ahli2 IT di indonesia, tapi kebanyakannya IT outsourcing hanya mampu dilakukan oleh perusahaan multinasional sehubungan dgn biayanya..padahal bisnis menengah dan UKM jg perlu akan ketersediaan informasi..bgmn solusinya?

    tq,
    rai fertilini

  20. setiawan.rudi

    Perkembangan outsource it sekarang menuntuk pada tenaga yang ahli dibangnya , apa yang telah dilakukakan IBM dengan bekerjasama dengan perusahaan lain dalam memberikan training kepada tenaga outsourcing ti akan memberikan nilaibagi perusahaan yang menggunakannya..

  21. Geby Ardya

    Apakah mungkin dalam training tersebut terdapat beberapa orang dari calon atau client guna menyampaikan kebutuhan dan hambatan apa saja yang akan atau pernah dihadapi?

  22. yudha

    Butuh diinformasikan lebih luas agar kami mendapatkan pilihan untuk pengadaan tenaga IT

  23. nn.ikasusanti

    Perlu lebih banyak informasi tentang vendor yang kompeten. Yang sudah berpengalaman dan didukung SDM yang handal dan bersertifikasi, serta bidang IT yang dikuasainya. Informasi seperti ini memudahkan perusahaan untuk melakukan outsourcing sesuai kebutuhan ITnya.
    Tks

  24. prima

    trima kasih infonya.. dimanakh saya bisa mengupdate training2 mengenai IT?menarik sekali jika bisa mengikuti training seperti yang perusahaan Bapak telah lakukan

  25. Didik Mardiyanto

    Oke selamat dengan perusahaan anda. Apakah untuk tenaga yang skill nya belum memadai perlu waktu yang lama untuk dilatih?

  26. Finley Mitchell

    outsourcing is really necessary specially if you want to cut the cost of production.“-

  27. budhi dharma

    sebaiknya untuk vendor outsource IT juga memperhatikan SDM nya karena banyak tenaga tenaga ahli IT yang bekerja untuk vendor IT di luar negeri sehingga seharusnya vendor Outsource IT di Indonesia juga highly competent

  28. cahya berlian

    Bisnis Outsourcing IT memang bisnis yang menjanjikan di masa depan. karena dengan menerapkan outsourcing IT, perusahaan dapat melakukan penghematan waktu, biaya dan tenaga kerja.

  29. cahya berlian

    Untuk pengembangan SDM outsource IT harus diadakan training dan pendidikan khusus agar kebutuhan perusahaan dapat terpenuhi.

  30. nugrohoagung

    Tidak bisa dipungkiri, bahwa IT-outsorce merupakan peluang bisnis yang sangat diperhitungkan kedepannya. Semua orang mengakui, bahwa IT sangat berperan penting dalam kehidupan mendatang. Jadi, mau tidak mau semua orang harus mengikuti trend penggunaan teknologi kedepannya. Hanya saja, diharapkan agar perusahaan outsource tersebut bisa menjaga kepercayaan yang diberikan dan mampu bersaing dengan sehat tentunya.

  31. Aryawiguna

    Sudah saatnya perusahaan secara serius membuat strategi tersendiri dalam proses outsourcing IT utk membangun SI

  32. M Fahri Howel

    Outsourcing punya prospek cerah di masa depan. Dengan semakin specialized nya setiap perusahaan di masa depan, seharusnya mereka akan menjadi tidak memiliki effor yang cukup untuk menangani sistem yang kompleks untuk memback up bisnis mereka, oleh karenanya outsourcing menjadi cara yang baik.
    Selain itu karena banyak succes story outsourcing, saat ini trendnya malah perusahaan melimitasi insourcing.
    Good news atau bad news untuk orang IT ya? :)

  33. Zico

    wahh terima kasih share ilmunya tentang IT Outsourcing. sangat membantu dalam pengerjaan tugas kuliah saya.

  34. Ear Infection Treatment %0B

    well, outsourcing can actually save any company several million dollars because of cheap labor :-,

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan Iim Rusyamsi

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Hubungi saya:

Silahkan kirim email ke iim.rusyamsi(at)gmail.com