Pernikahan dengan Budaya Betawi

Akhir minggu ini saya ingin posting berisi kegiatan keluarga saya. Kebetulan saya terlibat di kepanitiaan pernikahan adik dari istri saya, disusunan panitia, saya sebagai ketua, tapi ketua yang kurang berperan :)

Pernikahan yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 5 Januari 2008 tersebut adalah hari yang berbahagia untuk adik ipar saya, Agus Rosmanto yang melepas masa lajangnya dengan Laili K. Acara pernikahan dilangsungkan di Masjid Akbar Kemayoran, Jakarta Pusat.

Laili adalah gadis keturunan Betawi sehingga acara diselenggarakan dengan budaya Betawi. Beberapa kegiatan adat sangat menarik perhatian saya. Dan saya senang kebudayaan kita tetap dilestarikan hingga jaman sekarang ini.

Selamat menempuh hidup baru untuk Agus dan Laili, semoga dapat membangun keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah dan mendapatkan anak-anak yang sholeh dan sholeha.

Dan kepada para undangan, kami ucapkan terima kasih atas kehadirannya, mohon maaf jika ada kekurangan selama penyambutan dalam acara tersebut.

Saya ingin berbagi beberapa photo yang saya ambil dari ponsel saya :

Calon mempelai pria saat tiba ke lokasi, disambut dengan adat khas Betawi yaitu dimulai dengan rentetan petasan dan Palang Pintu. Palang Pintu ini kegiatan yang bertujuan saling mengenal antar keluarga dan maksud tujuan kedatangan. Dialog pantun dikumandangkan dengan sangat meriah dan mengundang tawa hadirin. Kemudian sebagai syarat diterimanya calon mempelai pria, harus melewati dahulu palang pintu yang dijaga oleh jawara Betawi.


Untuk menembus Palang Pintu tersebut, maka jawara dari calon mempelai pria pun mencoba untuk melewati palang pintu tersebut dengan berkelahi pencak silat. Penampilan pencak silat ini sangat seru, dari tangan kosong, lalu menggunakan tongkat hingga saling menjatuhkan badan.
Jawara dari calon mempelai wanita pun akhirnya roboh sehingga palang pintu dapat dibuka dan dimasuki oleh calon mempelai pria.

Photo diatas adalah suasana saat ijab kabul/akad nikah di dalam ruang sholat Masjid Akbar Kemayoran. Diawali dengan sambutan dari perwakilan kedua mempelai lalu, pembacaan ayat suci Alquran kemudian prosesi ijab kabul.

Setelah ijab kabul dibacakan dan dinyatakan sah, maka mempelai wanita dihadirkan untuk sama-sama mendengarkan khotbah nikah dan penandatanganan surat nikah.

Kemudian dilanjutkan dengan penyematan cincin pernikahan sebagai tanda mereka sudah sepasang suami istri. Lalu acara dilanjutkan dengan sungkeman kepada kedua orangtua masing-masing, dan dilanjutkan dengan penyampaian ucapan selamat oleh para hadirin yang menyaksikan acara akad nikah tersebut.

Inilah tempat acara resepsi pernikahan yang terletak dilantai dasar Masjid Akbar Kemayoran dengan latar tata rias yang bagus dan modern. Saat penganten memasuki ruang ini dihantarkan dengan adat budaya Lengser (adat Sunda, Agus dari Sunda, jadi ada pencampuran adat diacara ini, sangat menambah khazanah adat budaya kita).

Photo diatas suasana para undangan saat berlangsungnya resepsi. Sayangnya saya kurang mengambil photo-photo didalam aula tersebut. Maklum karena ikut sibuk menyambut tamu dan menemani tamu-tamu. Oh yah, diacara tersebut saya juga mengenakan pakaian berwarna putih seperti pengantin pria, wah jadi ingat saat nikah dulu….hehehe…mau lagi? gak ah… 😀

Related Articles

11 Comments

  1. jengnad

    satu hal yang saya suka kalo diundang akad nikah..
    itu loh pak..ikut mendengarkan kembali nasehat2 perkawinan 😉
    serius dengerin lagi hehehe….

  2. [R]usmanto

    kok nama adik iparnya mirip nama saya ya pak Iim!

  3. Iim Rusyamsi

    @jengnad: saya pun merenungi kembali khotbah akad nikah tersebut…sedih juga yah hehehe…mudah2an selalu diingatkan yah…

    @rusmanto: Anda mau gak jadi adik ipar saya juga? hehehe…

  4. Brais

    Selamat ya agus dan laili, semoga rukun slalu…
    BTW di masjid akbar harga sewa gedungnya berapa ya?
    Thanks

  5. hananto

    pak Iim sampaikan selamat untuk pak agus semoga cepet dapaet momongan n ini bisa jadi promosi gratis buat masjid akbar hehehehe

  6. fajar

    Pak,mohon bantuannya.. untuk biaya sewa masjid akbar kemayorannya berapa yah pak…?

  7. iimrusyamsi

    Harganya saya tidak begitu tahu, tapi coba kontak pak Hananto, petugas masjid Akbar yg mengurusi sewa gedung ini :

    0811 853035
    021-6542056

    Selamat yah atas rencana pernikahan anda :)

  8. hananto

    untuk infaq pemakaian ruang serba guna untuk resepsi

    hari senin – jum’at : Rp. 2.250.000
    akhir pekan & libur : Rp. 2.500.000

    waktu penggunaan ( termasuk akad nikah ) :

    pagi 08.00 – 14.00 wib
    sore 16.00 – 22.00 wib

    u info http://masjidakbarkemayoran.blogspot.com

  9. rika agiwardani

    Pak Iim.. agus itu ternyata temen saya di gunadarma semester 1… kaget aja ktemunya liat di situs…hehe.. saya jg pernah liat mereka di perias dewi pengantin.. agussss..agusss…hehe… kebetulan saya jg mo nikah dengan adat betawi bln juni 08. salam untuk keduanya ya pak iim… thanks

  10. rinto

    pak iim,ajak2 dong kalo ada proyek it.
    salam buat keluarga ya?
    rinto

  11. icHa_iYaN

    klo di masjid akbar tuh gmn yah pada saat acara…
    suasana sekelilingna gmn?

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan Iim Rusyamsi

January 2008
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Hubungi saya:

Silahkan kirim email ke iim.rusyamsi(at)gmail.com