Review Teknologi : Sony Ericsson K850i

Review Teknologi : Sony Ericsson K850i

Kemarin di Mangga Dua Square, teman saya, Pak Aji Prananto, menyampaikan ke saya keinginannya mempunyai ponsel baru dari Sony Ericsson type K850i. Saya bilang hebat, anda telah dapat melihat kecanggihan yang ada di type tersebut. Saya katakan bahwa jika Nokia punya simbol “Teknologi yang mengerti Anda”. Namun Sony Ericsson (SE) malah kebalikannya yaitu bahwa “Anda yang mengerti Teknologi”.

Yah jika dilihat produk-produk Nokia lebih mengedepankan fashion dan user friendly, Nokia menyediakan teknologi namun para pemakainya belum begitu memaksimalkan teknologi yang ada. Nah di SE, lebih mengedepankan teknologinya. Para pemakai SE terutama seri K dan P adalah biasa dari kalangan yang mengerti akan kecanggihan sebuah ponsel dan mereka mengetahui bagaimana memaksimalkan pemakaiannya.

Kemarin juga saya mendapatkan sms dari seorang sahabat, dia seorang pengusaha juga, dia memberitahu bahwa dia mengakses blog saya dari ponselnya dengan SE K810i. Saya sendiri menggunakan seri K630i, dan sesekali menggunakan ponsel ini membrowsing web dan email. Dari awal adanya ponsel saya sudah menggunakan merk Ericsson yang kini menjadi SE. Teknologi Bluetooth adalah penemuan dari SE. Dan jika kita lihat film-film James Bond selalu di sponsori oleh SE karena James Bond menggunakan kecanggihan teknologinya.

Saya ingin mereview seri terbaru dari seri K yaitu K850i. Seri K biasanya dimasukkan ke kategori ponsel Bisnis namun mulai seri K550i dimasukkan ke seri CyberShoot. Karena ponsel ini dilengkapi oleh kamera dengan menggunakan teknologi dari camera SONY Cybershoot. K85oi merupakan ponsel pertama yang menggunakan 5 Mega Pixel. Dilengkapi dengan features : BestPic™ memberi Anda sembilan kesempatan untuk membidik momen tepat yang diinginkan, Lampu kilat, fokus otomatis, zoom digital 16x, penstabil gambar, pengurangan mata merah dan Blogging gambar. Lengkap serasa anda membawa kamera SONY Cybershoot.

Type ini tentu juga lengkapi oleh MP3 dan media player namun memang tidak dilengkapi oleh Mega Bass. Mega Bass dapat ditemui di type W yang memang diarahkan untuk entertainment/walkman. Dan type ini disediakan pula FM Radio.

Untuk konektifitas, type ini dilengkapi oleh Bluetooth, Modem, USB, Sikronisasi PC. Namun sayangnya infrared dan wireless LAN tidak ada. Teknologi 3G dan video call pun sudah tersedia. Dengan 3G maka ponsel kita akan terhubung ke Internet dengan laju transfer data berkecepatan tinggi.

Jika anda aktif menggunakan ponsel untuk keperluan internet, type ini menyediakan browser Web Netfront, sehingga anda dapat mengakses web dan blogging. Untuk email, sudah tentu ada. Anda dapat menggunakan beberapa account email. Tersedia juga fasilitas Push Email, yaitu email muncul seketika di ponsel Anda, persis seperti pada komputer di rumah. Pesan langsung disampaikan ke telepon setelah diterima. Selain email tentu saja anda dapat menggunakan SMS dan MMS.

Ponsel GSM ini dilengkapi dengan kartu memori terkecil di pasaran, Memory Stick Micro™ (M2™) yang dapat menampung hingga 4 GB. Namun sayangnya memory internal hanya 40 MB. Jadi pemakai harus mengandalkan slot kartu memory tersebut.

Ada tips dari saya, yaitu saya sering sekali memanage SMS inbox saya dengan komputer. Saya mengirim dan membaca SMS jika dikantor menggunakan komputer saya. Ada tools yang dapat di download yaitu float’s Mobile Agent. Dengan aplikasi ini (hanya dapat digunakan untuk SE) selain dapat mengirim SMS melalui komputer namun dapat juga mengelola Contact, Kalendar dll. Aplikasi sinkronisasi dari SE sebenarnya sudah ada namun sayangnya belum menggabungkan dengan aplikasi SMS.

Selain menggunakan komputer untuk ber-SMS, saya juga dapat mengirim SMS melalui PDA saya via bluetooth ke ponsel SE saya. Selain itu mengsikronisasikan organizer saya dengan ponsel tersebut.

Saya juga jika sedang berpergian dapat menggunakan akses internet dari ponsel saya yang disambungkan notebook/PDA saya dengan mudah. Layanan ini menggunakan akses melalui 3G/HSDPA atau GPRS tergantung dari layanan yang disediakan oleh operator.

Mengenai harga type ini masih terbilang tinggi, di toko online milik kawan saya yang khusus menjual produk-produk SE, Koh Roni di Roxy, harga dibandrol Rp. 4.375.000,- Namun jika ingin yang murah, coba dulu deh seri K618i, seperti saya punya, sekarang harganya kurang dari dua juta rupiah.

Itu saja review dari saya. Kenapa saya menggunakan SE, karena aktifitas saya yang lebih mobile memerlukan ponsel dengan feature teknologi yang mumpuni dan stabil. Cocok untuk para profesional dan pebisnis yang ingin meningkatkan bisnisnya. Apalagi jika anda seorang blogger, anda dapat memfoto object/peristiwa yang ada lalu mempostingnya langsung ke blog anda.

Anda yang mengerti teknologi… ;p

  • No Related Post
tabs-top

“Review Teknologi : Sony Ericsson K850i”

  1. pRincess says:

    waah..gw lg pingin beli hape baru nih.. salah satunya P1 ato K850i. gw jadi bingung. dari segi model dan kamera, gw dmen ama k850i. tapi gw jg pingin touch screen gara2 seru liad co gw pake O2. yah intinya gw pingin hape baru gw nanti bisa gw pake slaen buat pamer (hehehe) jg buat gw kerja. isinya jg kudu lengkap. gw uda condong sdikit ke K850i krn kamera dan desain. tapi sayang ga ada infrared dan wifi. kl P1 so far kekurangan cuma di harga dan desain yg kantoran bgt. hehehe.. jadi tolong bantu gw milih yah.. dan knp gw harus milih. secara gw a bit confused ampe co gw yg programmer ikud2an pusing. hhaaha.. thnx before.. =)

  2. iimrusyamsi says:

    Mbak,

    kalo mau bersabar coba SE X1 ini linknya :

    http://www.sonyericsson.com/cws/products/mobilephones/overview/x1?cc=id&lc=id

    Mantap deh kalo pake ini… :D

    Nanti saya review, produknya belum resmi dijual di pasaran…

Leave a Reply